Kumpulan Resep Masakan Nusantara dan Mancanegara

Resep Membuat Tahu Bacem Enak Tanpa Air Kelapa

Resep tahu bacem khas indonesia banget walau bahan tahu ini dapat di temukan di luar nusantara tapi cara memasak dengan cara bacem hanya bisa anda temukan di negri kita ini, bagi anda yang pernah berkunjung ke jawa tengah sekitaran solo sampai jogja dan semarang mungkin anda akan melihat makanan tahu yang berwarna coklat kehitaman yang sangat menggiurkan untuk di santap sama nasi atau hanya sebagai cemilan saat menunggu makanan yang di pesan sedang di persiapkan.

Banyak sekali makanan-makanan yang di dapat dari olahan tahu salah satunya ya tahu bacem yang sedang anda baca ini, kenapa sih harus tahu ya? Tahu memiliki banyak kandungan gizi dimana kandungan gizi tersebut sangat di butuhkan tubuh kita dan juga jatuhnya pilihan ke tahu tidak jauh dari harganya yang sangat terjangkau dan mudahnya di dapatkan di manapun. Di Indonesia sendiri dari berbagai daerah banyak menawarkan tahu yang khas dari daerah-daerah tersebut contohnya di sumedang ada tahu sumedang, di cirebon ada tahu gejrot di semarang adanya tahu campur yang di siram dengan saus kacang kental yang super lezat.


Kalau berbicara bahan masakan satu ini akan memerlukan tulisan yang panjang untuk di bahasnya, nah untuk itu saya akan fokuskan ke tahu bacem, tahu bacem memiliki warna seperti ayng saya tulis di atas untuk teksturnya sangat empuk kenyal seperti tahu pada umumnya rasa yang di dapat cukup sedikit manis karena bahan campuran utamanya menggunakan kaecap manis dan juga bumbu-bumbu yang nanti saya tulis di bawah ini, untuk itu silahkan and abaca resep dan cara membuatnya di bawah sini.

Bahan Utama Tahu Bacem

  • 6 sampai 8 tahu kuning ukuran sedang 
  • Daun salam yang sudah di bersihkan 2 lembar
  • Air sedikit saja
  • Kecap manis 2 sndok makan
  • Garam halus beriodium sckpnya
  • Minyak goreng atau minyak sayur

Bumbu Halus

  • Lengkuas 3 cm
  • Gula merah ½ lingkar kemasan
  • Bawang putih dan bwng merah masing-masingnya 3 siyung
  • Ketumba rsatu sdk teh

Cara membuat tahu bacem

  1. Rendam tahu kuning ke dalam air bersih selama 1 jaman
  2. Bumbu-bumbu halusnya yang sudah saya tuliskan di atas silahkan di haluskan terlebih dahulu
  3. Rebus bumbu halus kemudian tahu kuning, jangan lupa masukan daun salamnya dan lengkuas juga gula merah jawa kedalam pancinya jadi satu
  4. Setelah tahu di masak dengan bumbu kurang lebihnya 3 menitan masukan kecap, setelah amtang silahkan tiriskan
  5. Setelah itu goreng tahu dengan minyak sayur atau minyak goreng sebentar saja jangant erlalu kering

Simple banget kan cara membuat tahu bacem ala jawa ini, ada masakan lain yang di bacem selain tahu yaitu tempe yang rasanya juga sama nikmtnya untuk itu silahkan kunjungi juga tulisan saya mengenai resep tempe bacem dan silahkan praktikan di rumah masing-masing agar segera dapat menikmatinya dengan keluarga atau orang-orang di sekitar anda.