Kumpulan Resep Masakan Nusantara dan Mancanegara

Resep Ayam Kecap Manis (Ayam Bacem)

Resep ayam menggunakan kecap manis di anggap menu spesial bagi orang jawa tengah, lihat saja kalau masuk ke salah satu warung makan pasti akan menemukan masakan ini karena mereka sangat suka sekali dengan masakan yang bumbunya agak sedikit manis jadi tidak heran kalau banyak macam makanan dari daerah sana rasanya pasti ada rasa manisnya.

Resep ini lebih di kenal dengan nama ayam bacem atau bumbu kecap manis kalau orang luar jawa menyebutnya, di lihat dari bumbu utamanya yang menggunakan kecap sudah tentu warna yang di dapat dari ayam ini hitam kecoklatan layakya warna utama dari kecap dan rasanyapun sama yaitu manis dan sedikit ada asinnya karena berbagai bumbu-bumbu yang di masukan selain bahan utama.
Sebelum kita membuatnya kita harus mengetahui bahan apa saja yang baik di gunakan, anda harus memilih bahannya yang berkualitas sangat baik seperti daging ayamnya yang tidak terlalu pucat warnanya dan kalau anda sentuh tidak terlalu lengket menandakan hewan tersebut baru saja di potong bukan barang lama yang tidak laku yang di jual kembali dan kecapnya anda harus ambil yang berkualitas tinggi jangan asal sembarangan karena murah anda pakai, toh harganya juga pasti tidaklah terpaut jauh dengan yang paling bagus.

Ayam kecap sangat cocok di makan dengan nasi yang masih hangat, kalau di rumah sedang tidak ada nasi yah gunakan saja lontong kan sama-sama isinya terbuat dari beras jadi masih memenuhi kebutuhan tubuh kita. Paling cocok lagi silahkan tambah tumis kangkung yang lezat pasti deh semakin mantap hidangan yang ada di depan anda ini.

Membuat ayam kecap tidaklah sulit-sulit amat kok, silahkan anda lihat resep dan caranya supaya anda bisa langsung mencoba praktek di rumah masing-masing ya, tenang saja bahan dan caranya saya tuliskan di bawah loh kalau anda sudah pingin banget langsung mencoba.

Resep Ayam Kecap bacem

Bahan-bahan utama 

  • 1 ekor/potong ayam atau 1 kg yang dipotong menjadi beberapa bagian
  • Air putih untuk merebus ayam yang bersih 
  • Minyak goreng atau minyak sayur kalau orang kampung menyebutya untuk mentumis bumbu-bumbu

Bumbu-bumbu halus ayam kecap

  • Jahe 1 ruas ukuran kelingking 3 centi meter
  • Lada bubuk atau halus ½ sendok teh
  • Kecap manis 12 sendok makan 
  • Saus tomat 2 sendok mkn
  • Bawang putih 3 siyung tipis tipis-tipis
  • Bawang merah 7 siung iris tipis-tipis juga
  • Kecap inggris sebanyak 1 sdk makan
  • Gula pasir sedikit atau ½ sedok teh lah

Cara membuat ayam kecap 

  1. Kalau daging ayamnya belum di potong silahkan potong terlebih dahulu menjadi beberapa bagian kemudian anda cuci sampai bersih dan bilas dengan air yang mengalir
  2. Silahkan potongan ayam tadi di lumuri dengan perasan air ejruk nipis dan sedikit garam selama kurang lebihnya seper empat jam
  3. Rebus daging ayam setelah di diamkan tadi selama 30 menit atau sampai empuk keudian angkat dan tiriskan atau diamkan sebentar
  4. Tumis bawang merah dan putihnya sampai harum, masukan jahe yang di potong tipis kecap-kecapannya masukan semua kedalam dan saus-sausnya juga yang sudah saya tulis semua di atas
  5. Masukan sedikti air kira-kiranya 2 sampai 3 gelas besar atau sampai 350 mili literan  ke dalamnya 
  6. Kemudian silahkan anda masukan daging ayam yang tadi di tiriskan beserta gula garam dan lada bubuk di dalamnya.
  7. Aduk sampai rata dan tunggu sampai mengental kuah kecapnya berwarna kehitaman

Bagi anda yng suka sekali dnegan tahu bisa anda masukan tahu kunging ke dalam ayam kecap ini, dan jangan lupa taburkan bawang goreng ke dalam ayam kecapnya.