Kumpulan Resep Masakan Nusantara dan Mancanegara

Resep Membuat Tahu Bakso Goreng Isi Daging Sapi atau Ikan dan Udang

Resep tahu isi bakso ikan atau udang ini berasal dari salah satu kota di jawa tengah yaitu di kabupaten semarang tepatnya ungaran sebuah lokasi wisata pegunungan yang sejuk, terdapat banyaknya tempat wisata seperti umbul sidomukti dan gedung songo ungaran menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, wisatawan selain menikmatti pemandangan indah dan belajar budaya juga bisa menikmati makanan khasnya yang enak yang tidak ada di tempat lainnya.

Tahu bakso berbahan campuran olahan ikan atau udang yang di campur dengan tahu kuning di goreng dengan sangat gurih dan kenyal bisa di sajikan dengan makanan apapun, sering saya lihat tahu ini di padukan dengan ayam kremes oleh sang penjual atau sekedar menjadi cemilan yang di jajakan oleh banyak peagang sega kucing atau lebih banyak di kenal dengan nama angkringan yang sudah menjamur setiap malamnya di kota-kota jawa tengah ini.

Untuk membuat tahu bakso ini tidaklah ribet hanya butuh beberapa menit saja sudah bisa anda nikmati asal resep dan bahannya sudah terlebih dahulu anda ketahui, nah untuk mengetahui resep yang sehat ini silahkan anda baca resep bumbu serta caranya yang saya tuliskan nanti di bawah ini setelah saya jelaskan dulu manfaat dan kandungan gizi yang di dapat dari makanan ini.

Kita semua sudah tau betulkan apa saja kandungan yang di dapat dari olahan kedelai alias tahu ini, dan daging ikan ataupun udang, yups semua kandungan yang di dalam semua bahan tersebut sangatlah babik untuk tubuh manusia terdapat banyak vitamin, mineral, dan juga gizi untuk memenuhi kebutuhan tubuhkita sehari-hari. Agar hidup selalu sehat selain berolah raga kita harus mengisi dengan makanan yang baik pula seperti makanan-makanan yang sehat.


Bahan utama tahu bakso

  • ¼ kilo gram tahu kuning di potong miring masing-masing satu kotaknya menjadi dua
  • 50 gram daging sapi giling 
  • 70 gram daging ikan atau udang giling
  • 30 gram daging ayam di giling juga sampai halus
  • Putih telur 2 butir (telur ayam)
  • Air es sebanyak 1 setengah gelas besar
  • Tepung sagu sebanayak 50 gram
  • Gula pasir dan merica bubuk ½ sendok teh
  • Garam beriodium yang halus 1 sedk teh
  • Daun bawang 1 batang ptong kecil
  • Penyedap rasa kalau bisa (tidak di kasi juga gak papa)

Cara membuat tahu bakso

  1. Daging ayam, daging sapid an daging ikan atau udang yang sudah di haluskan campur aduk menjadi satu dan masukan juga bumbu-bumbunya seperti garam, merica bubuk, gula pasir dan penyedap rasanya
  2. Kemudian masukan air es, putih telur ayam dan tepung sagu aduk atau di uleni (kalau bahasa jawanya) sampai rata dan di sini masukan juga potongan-potongan daun bawangnya.
  3. Setelah itu adonan isi tersebut di masukan ke dalam tahu kira-kira sampai penuh atau sampai muncung keluar tahunya.
  4. Kukus tahu isi asonan bakso tersebut sampai matang selama 30 menitan.
  5. Setelah matang di kukus di goreng sebentar sampai renyah.

Tahu bakso bisa juga anda nikmati dengan sambal ataupun cabai rawit langsung tampa di rebus atau di olah. Isi daging juga oleh menggunakan satu jenis daging saja missal kalian hanya ingin di isi dengan daging sapi doing atau daging ikan juga gak papa untuk bahan resep tahu bakso gorengnya, selamat mencoba dan menikmati ya.